Mahasiswa UTY Juara Kompetisi Poster Nasional



Inovasi dan kreatifitas yang digalakkan di Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) telah membuahkan banyak prestasi mahasiswa. Salah satunya pada awal Februari 2013 ini M. R.Firmansyah mahasiswa Fakultas Bisnis dan Teknologi Informasi UTY berhasil menjadi Juara 2 Kompetisi Poster Nasional yang diselenggarakan oleh  Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya – Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya bekerjasama dengan Kemenakertrans Republik Indonesia dengan tema Indonesian Safety Competition 2013. Kompetisi tersebut diikuti oleh lebih dari 500 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Juara 1 diraih oleh mahasiswa Institut Teknologi Bandung dan Juara 3 oleh mahasiswa Institut Seni Indonesia Yogyakarta. 
Firman merasa bersyukur dapat memenangi kompetisi tersebut setelah bersaing dengan banyak peserta yang berasal dari kalangan seniman dan mahasiswa-mahasiswa dari fakultas teknik yang dalam kesehariannya sudah mempelajari tentang hal-hal teknis di perusahaan manufaktur. Ia menyampaikan bahwa menurut komentar para juri karyanya memiliki keunikan tersendiri yaitu memuat dua pesan yang jelas berbeda antara bekerja dengan berperilaku aman dan berperilaku tidak aman. Firman mengatakan dalam proses pembuatan poster ini ia melakukan pengamatan dengan melihat langsung ke pabrik-pabrik yang karyawannya menggunakan alat pengamanan dan yang tidak menggunakannya.
Selain pengamatan ke pabrik-pabrik ia juga mempelari dan menganalisa banyak kasus kecelakaan kerja. Ia menyampaikan bahwa dari banyak kasus kecelakaan kerja, penyebab satu dengan yang lainnya berbeda-beda.  Namun dari banyak penyebab tersebut dapat ditarik garis merah, bahwa penyebab utamanya adalah perilaku yang tidak aman dalam bekerja.  Misalnya adalah tidak memakai alat pelindung, tidak mengikuti standar prosedur kerja, bekerja dengan sembrono atau tidak hati-hati, dan tidak mematuhi peraturan.
Menurutnya cara efektif untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja adalah dengan menghindari perilaku tidak aman tersebut yang dimulai dari kesadaran yang paling dalam dari para pekerja. Oleh karena itu perlu sosialisasi tentang arti penting berperilaku aman dalam bekerja, yang didasari oleh kesadaran akan masa depan baik bagi para pekerja itu sendiri maupun keluarganya. Begitu juga perlu ditanamkan keyakinan dengan bekerja secara aman maka produktivitas akan meningkat.
Dari hasil analisa tersebut kemudian ia tuangkan dalam poster yang secara jelas dibuat dalam dua sisi yaitu satu sisi memvisualkan pekerja yang tidak menggunakan alat pengaman dan berperilaku tidak aman, dengan gambaran tentang adanya risiko kecelakaan yang dapat mengakibatkan sakit parah atau bahkan sampai kematian.  Sedangkan pada sisi lainnya tergambar pekerja dengan alat pengamanan yang memadai dan berperilaku aman dalam bekerja, yang digambarkan akan selamat dalam bekerja, meningkat produktivitas dan kualitas hasil pekerjaannya.

Keterangan gambar :
Poster hasil Karya M. R.Firmansyah