Logo Baru Universitas Teknologi Yogyakarta

Mengawali tahun 2013 ini Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY) melakukan penggantian logo dengan tampilan dan spirit baru. Bambang Hartadi, Ph.D.MM,CPA. Rektor UTY mengungkapkan bahwa logo mempunyai arti yang sangat penting, yaitu jika dianalogikan dengan sebuah negara maka logo merupakan lambang negara yang merupakan representasi ideologi, visi dan misi yang akan dicapai. Sedangkan tampilan dan logo baru UTY yang lebih modern dan dinamis tersebut terkandung makna spirit baru, yang secara optimis bergerak Menuju UTY Maju 2014 dan UTY Unggul 2018. Ia mengungkapkan bahwa logo baru UTY tersebut perlu diketahui oleh seluruh civitas akademika UTY dan publik pada umumnya.

Bambang Hartadi menjelaskan bahwa elemen logo berupaBumi dan Bintang melambangkan alam semesta. Bumi menggambarkan tempat kita berpijak, untuk menjalani kehidupan duniawi guna meraih tujuan dan cita-cita kehidupan. Bintang yang memancarkan cahaya di langit tinggi diartikan kecemerlangan dan kemuliaan visi, misi dan tujuan UTY, serta tingginya ilmu pengetahuan yang akan diraih untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan berdasarkan pengabdian kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Lingkaran Merah Elips melingkari bumi sebagai simbol teknologi yang saling menyatu yang berarti UTY mengelola program-program pendidikan dengan sentuhan teknologi yang terus bergerak maju secara progresif menuju menjadi UTY Maju dan UTY Unggul. Pilihan warna-warna pada logo UTY yang berani menunjukkan langkah besar UTY, serta spirit dan optimisme akan masa depan yang lebih positif dan dinamis. Warna Merah mencerminkan keberanian, ketegasan, kekuatan, kedinamisan dan keuletan. Birumencerminkan teknologi yang menjadi ciri muatan dan konsentrasi program-program studi di UTY. Selain itu juga sebagai simbol kesejukan, kepercayaan, komitmen dan loyalitas. UTY berkomitmen untuk membangun masyarakat yang berbasis pengetahuan dan teknologi. Sedangkan warna Orange mencerminkan energi, keseimbangan, dan kehangatan / keharmonisan. Dengan semangat ‘continuous improvement‘ U’TY terus mengembangkan sinergi antar fakultas yang didukung dengan penciptaan lingkungan yang kondusif untuk proses pendidikan guna menghasilkan lulusan yang berkualitas dengan memiliki kecemerlangan masa depan.
Keterangan gambar :
Logo Baru Universitas Teknologi Yogyakarta
kunjungi website >>